Kamis, 07 Juni 2012

Nutrition and Life


Sejak awal peradaban manusia tidak akan pernah terpisah dari makanan. karena makanan menjadi kebutuhan Esensial manusia. Hal ini tidak dapat dipisahkan. antara makanan (nutrition) dengan kehidupan.
Tubuh manusia membutuhkan energi sebaik mungkin sebagai bahan  untuk tumbuh, berkembang ataupun untuk sembuh.
Nutrisi merupakan bahan kimia yang disediakan oleh lingkungan, dibutuhkan manusia untuk bertahan hidup . Ada 2 kelompok zat nutrient bagi Tubuh.secara garis besar dibagi menjadi :
1. Makronutrien
Karbohidrat ( contoh ; beras, gandum, jagung, dll)
Protein ( ikan, daging,dll)
Lemak (daging, keju, minyak, mentega dll)
2. Mikronutrien
Vitamin (sayuran dan buah )
Mineral (sayuran, buah dan susu )


Fungsi makronutrien, antara lain:
1. Sumber energi
Energi yang dilepaskan dari ikatan kimia nutrien ialah ATP, fosfokreatin, dan zat molekul berenergi tinggi. Energi ini digunakan untuk transport dan kerja mekanik.
2. Sintesis
Makromolekul digunakan untuk mensintesis bahan dasar yang diperlukan untuk pertumbuhan dan pertahanan sel dan jaringan.
3. Simpanan
Jika makanan yang kita makan melebihi kebutuhan tubuh untuk energi dan sintesis, kelebihan nutien tersebut akan disimpan sebagai glikogen dan lemak. Simpanan ini menyediakan energi saat puasa
Fungsi mikronutrien, antara lain:
  • Sebagai zat pengatur.
  • mencegah penyakit
  • meningkatkan daya tahan tubuh
Semua sumber makanan baik makronutrien/mikronutrien sangat di butuhkan oleh tubuh, oleh karena itu di perlukan pengaturan asupan makan yang baik sesuai pedoman gizi seimbang agar tubuh tetap dapat melakukan mekanisme fisiologis dengan baik sehingga tubuh dapat berproduktifitas dengan baik..:) tetaplah selalu memperhatikan pola asupan anda !.. because you are what's you eat's..:)

0 komentar:

Poskan Komentar